Tuesday, January 9, 2018

Pengertian Kain Printing Shantung




kain shantung
kain printing shantung


Mengenal Kain Shantung / santung – Kain Shantung atau santung merupakan nama lain dari kain rayon. Kain Shantung ini memiliki tekstur yang halus lembut dan juga dingin. Di materiprintingkain.blogspot.co.id terdapat beberapa jenis kain shantung ada yang tebal dan tipis sesuai dengan jenis benang yang digunakan dan juga kontruksi kain.

jenis kain shantung ini merupakan salah satu jenis kain yang kualitasnya cukup bagus, tidak hanya kualitas nya saja harga kain ini pun cukup murah. berbeda dari kain kain yang lain contohnya kain organdi, kain crepe, dan kain katun IMA.
Mayoritas yang memesan Kain Shantung atau santung di bahan kain digunakan untuk bahan batik, seperti untuk produksi batik cap dan batik printing. Implementasi di dunia fashion sering kita jumpai kain ini digunakan untuk bahan sarung pantai, baju tidur / daster, kaos pantai, baju batik dll. Hal ini taklepas karena sifat kain shantung sendiri yang dingin dan lembut sehingga cocok digunakan pada cuaca panas.
Kain shantung (santung atau santhung) memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan dingin. Kain ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan, dari yang tipis hingga tebal. Kain shantung terbuat terbuat dari serat katun, dan terkadang dicampur dengan serat sintetis. Namun kain shantung tidak sekuat kain full serat katun. Banyak jenis kain yang bisa digunakan untuk batik, salah satunya kain shantung. Pemilihan kain untuk membatik sering dikaitkan dengan kepentingan, siapa pemakainya, serta biaya yang dianggarkan. Bahan kain ini biasanya banyak digunakan untuk bahan kain batik printing. Banyak juga yang memanfaatkan kain shantung putih polos sebagai bahan kain batik cap maupun batik tulis. Karena harga yang terjangkau dan kain yang nyaman saat dikenakan.

jenis kain ini tidak bisa digunakan oleh mesin printing kain maupun mesin printer tekstil atau pun mesin digital printing. Kain shantung ini hanya dapat bisa di jadikan seperti jaz, hordeng baju pengantin atau yang lain. Baiklah saya beri informasi sedikit mengenai mesin printing kain
Mesin printing kain atau mesin printer tekstil adalah mesin printer generasi terbaru yang dapat mencetak atau print pada bahan kain atau tekstil. mesin digital printing biasa belum memiliki kemampuan ini. khusus mesin printing kain, mesin ini dapat mencetak di bahan poliester, kanvas, satin, velvet, Hijet dan masih banyak lagi. Begitu banyak bahan yang bisa di gunakan, hingga anda dapat menghasilkan produk yang beraneka ragam, seperti, baju, celana, sepatu, tas dan masih banyak lagi kegunaan dari mesin printing kain ini.
Ada banyak merk mesin printing kain yang ada di dunia, seperti Anhui Liyu co Ltd, perusahaan ini berasal dari china, perusahaan ini termasuk dari perusahaan yang menjual produk mesin digital printing terbesar di dunia saat ini perwakilan dari asia. dan yang sudah tidak asing lagi adalah epson, kami pun menjual produk epson dan menjadi distributor resmi untuk produk mesin printing kain epson.  




Shantung diambil dari nama salah satu wilayah provinsi di China yang bernama Shandong. Wilayah inilah yang pertama kali membuat kain shantung dari kepompong ulat sutra liar. Saat pertama kali dibuat kain ini diproduksi dengan menggunakan 100% pintalan benang sutra. Seiring perjalanan dunia fashion, kain shantung di produksi dengan menambahkan beberapa `bahan baku sintesis atau yang dikenal dengan serat polyester.


Tahan terhadap noda.
Kelebihan yang paling menonjol dari kain shantung ini adalah kain ini tahan terhadap berbagai noda. Sehingga penggunaannya akan sangat cocok untuk dekorasi rumah yang gampang sekali terkena kotoran seperti debu.

Bahan yang cocok untuk segala musim.
Kelebihan lain yang dimiliki kain shantung adalah tekstur kain ini sangat cocok digunakan dalam dekorasi rumah maupun desain pakaian di segala musim baik dingin, panas, semi, gugur, kemarau ataupun penghujan. Sehingga walaupun terkena sinar matahari setiap harinya warna kain ini masih tahan lama.

Tampilannya Menarik.
Kain shantung ini memiliki penampilan yang bisa dikatakan sangat memanjakan mata yang melihat karena serat tekstur serat yang bergaris garis-garis seperti linen Jenis kain ini memiliki penampilan yang mengkilat sehingga membawa kesan elegan namun mewah untuk pemakainya. 


Agak Kasar. 
Kain shantung umumnya memiliki tekstur kain yang sedikit tebal hingga terbilang kesan kasar dan banyak yang menyebut kain shantung dengan sebutan wild silk.

Tebal dan berat. 
Umumnya kain shantung terbuat dari campuran serat sutra. Serat ini memiliki semacam zat protein yang disebut sericin. Zat ini berguna agar seratnya saling merekat satu dengan yang lain. Pada saat proses pembuatan kain, serat ini masih belum tersingkirkan sepenuhnya dari benang-benang. Zat inilah yang menyebabkan kain shantung terlihat lebih berat dan tebal Walaupun begitu tingkat ketebalan kain shantung masih berada di sekitaran medium.

Perawatannya lebih sulit. 
Pemilik kain shantung yang meyukai jenis kain ini harus berhati-hati ketika mencucinya. Diperlukan perlakuan khusus agar kain tidak rusak. Untuk mencuci jenis kain shantung tidak disarankan dicuci menggunakan air secara langsung karena dapat mengurangi kilapnya.  Pencucian kain ini dapat menggunakan laundry jenis dry cleaned atau  steam. 


Kain shantung dapat digunakan untuk berbagai macam pola pakaian. Beberapa contohnya antara lain:

Baju pengantin.
Para desainer sangat menyukai jenis kain ini untuk membuat berbagai jenis gaun pengantin. Tekstur kain shantung yang tidak teratur dapat menjadikan desain gaun yang dibuat lebih arstistik.

Jas.
Tidak hanya para perempuan saja yang dapat menjadikan kain shantung sebagai bahan dasar pakaian. Kaum pria dapat juga menjadikan kain ini sebagai bahan pembuatan jas. Jas yang terbuat dari kain shantung kebanyakan dapat menghangatkan tubuh ketika cuaca sedang dingin atau musim hujan. 

Dekorasi rumah / Gorden.
Selain kain katun yang banyak dimanfaatkan pada dekorasi rumah, kain shantung juga memiliki penggemarnya setianya. Kain ini tidak hanya mempunyai motif polos tetapi juga motif-motif yang unik

Dekorasi Rumah/Bed Sheet.
Penggunaan kain shantung pada kamar umumnya dipakai sebagai bed sheet. Dengan kilap dari warna kainnya membuat ruangan kamar terasa elegan. Sehingga tidak hanya fungsinya sebagai penutup kasur tetapi juga dapat menciptakan kesan yang menawan.

Jenis kain ini kadang membuat bingung apalagi jika disandingkan dengan jenis kain duponi. Keduanya hampir memiliki karakteristik yang sejenis. Butuh ketelitian tinggi agar pembelian kain shantung tidak salah sasaran.




terima kasih telah mengunjungi website saya....semoga bermanfaat untuk kalia semua...untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang Printing kaiin ?silahkan klik saja disini.

1 comment:

  1. malam mas,boleh minta nomer hp mas maulana?ini nomer hp saya 08112639090

    ReplyDelete