Tuesday, January 9, 2018

Jenis Jenis Kain Untuk Di Print

JENIS KAIN

kain print
kain print

Kali inii saya akan membahas jenis kain yang dapat dicetak dengan Mesin Printer Kain karena untuk memulai usaha bisnis digital printing cocok sekali untuk mengetahui jenis kain dahulu setelah itu kita kenali mesin mesin printing kain nya tidak semua jenis kain dapat di cetak melalui mesin printing kain, maka dari itulah saya membuat artikel dengan tema Jenis Kain agar anda mengetahui jenis jenis kain.
Jenjenis jenis kain ini bisa digunakan atau dicetak menggunakan mesin printing kain saja atau mesin printer tekstil. mesin printer generasi terbaru yang dapat mencetak atau print pada bahan kain atau tekstil. karena mesin digital printing belum bisa memiliki kemampuan untuk mencetak kain jadi mencetak kain khusus untuk mesin printing kain saja.
baiklah simak saja artikel di bawah ini mengenai jenis kain yang dapat di print atau di printing.


Kanvas Premium WR

jenis kain kanvas merupakan kain yang berserat tebal yang menpunyai serat yang berbeda beda. Bahan ini dikenal kegunaannya untuk sebuah lukisan pada umumnya. Selain untuk lukisan kain kanvas juga digunakan untuk membuat sepatu, totebag, jaket, terpal, penutup truk, tenda, payung taman, dan berbagai macam aksesoris lainnya. Kain kanvas memiliki ketebalan yang sangat baik.

tentunya tidak hanya disini pengenalan mengenai kain kanvas. Kanvas juga mempunyai banyak varian bahan dasar yaitu bahan yang berasal dari katun, yang biasa digunakan untuk celemek, karena sifatnya katun bahan ini tidak mudah terbakar karena terbuat dari serat alami atau natural, yang satunya juga ada yang terbuat dari bahan sintetis atau disebut dari polyester yang juga mempunyai harga yang lebih tinggi dari harga yang berasal bahan katun. 

kegunaan bahan ini dapat membuat sepatu, tas, dompet yang dapat diprint dengan design yang diinginkan. jenis ini sudah banyak beredar dipasaran baik yang dibuat lokal sampai bahan import masuk. selain itu semua jenis kanvas punya serat yang berbeda beda seperti kanvas linen yang mempunyai tekstur yang horizontal dan vertikal dengan sedikit lebih tipis dari kanvas messi dan kanvas tebal. kanvas tebal adalah kanvas yang mempunyai tekstur yang ber diagonal bersifat lentur hingga mudah dijahit atau dibentuk seperti pada pembuatan sepatu. Jenis lain dari kanvas super halus, termasuk salah jenis kanvas yang jarang beredar dipasaran jenis kanvas ini cukup tebal tetapi serat ini sangat halus hingga hampir tidak berserat yang sangat cocok untuk motif garis garis tipis atau motif batik hingga motif kelihatan jelas.

Dryfit / Bahan Jersey

Dri fit sendiri merupakan salah satu jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan Jersey baik itu jersey bola, tenis, basket, hingga voli. Bahan ini dipilih karena memiliki karakteristik yang bersifat lentur dan padat karena bahan ini terbuat dari campuran Mikrofiber dan polyster.Jenis kain ini dapat di cetak menggunakan mesin printing kain.
Lalu bagaimana karakteristik bahan drifit ini?
Karakteristik bahan ini adalah pakaian menjadi cepat kering bila terkena keringat (oleh karena itu diberi nama dri fit atau dryfit). Hal ini disebabkan oleh tekstur kain yang berpori sehingga menyebabkan bahan ini lebih mudah menyerap keringat. Komposisi poliesternya beragam tergantung kualitas dan kebutuhan bahan dari 35% hingga 40%.

Aplikasi pada jersey
Drifit bisa digunakan sebagai bahan pembuat jersey dari baseball hingga sepak bola. Penyablonannya pun beragam tergantung kebutuhan dan teknik yang tersedia pada produsen Jersey. Penyablonan menggunakan sablon Polyflex sangat cocok diaplikasikan karena prosesnya yang lebih mudah dan rapi. Selain itu, bahan drifit harus memiliki keahlian khusus dalam merawatnya, yakni tidak boleh di setrika dengan temperatur yang terlalu panas karena dapat merusak pori-pori bahan ini.


SATIN TAFETTA (DUCCHEES)

Kata Duchesse merupakan bahasa perancis yang berarti bangsawan, beberapa juga ada yang menyebut dengan istilah satin tafetta.  Seperti bahan satin lainnya, tafetta/duchees mempunyai permukaan mengkilap di bagian depan. bahannya yang agak kaku dan agak berat sangat cocok untuk anda yang ingin membuat gaun. bagi anda yang tidak suka bagian mengkilap dari bahan ini bisa memakai bagian belakangnya (doff) sehingga kesan yang didapat lebih casual
Kegunaan : Segala Jenis Gaun / Dress wanita, bisa juga untuk hiasan di dinding karna bahan duchess/tafetta yg tebal dan agak berat
KANVAS POLY
Bahan kanvas merupakan salah-satu jenis kain buatan pabrik yang berserat tebal dan sangat kuat. Salah satu bahan kanvas yang dikenal umum adalah kanvas poly, fisik bahannya sedikit kasar dan tebal serta kaku sangat cocok untuk interior, seat cover, tas, hiasan dinding, sepatu dan lain-lain
Kegunaan : Interior (Seat Cover, Karpet, Lukisan, Sofa), Tas, Dompet, Sepatu, dsb.


TIPS MEMILIH KAIN  PRINT YANG BAIK 
Industri percetakan kini kian berkembang bukan hanya dari segi inovasi produk namun juga dari proses produksinya. Untuk mencetak sebuah motif di atas kain misalnya bila dahulunya masih menggunakan teknik sablon ataupun cap kini dapat dilakukan dengan menggunakan media computer. Hasil  desainnya pun lebih simetris dan rapi ketimbang menggunakan teknik sebelumnya meskipun begitu tidak semua percetakan bisa menghasilkan print kain yang bagus.

Beberapa alasan yang membuat hasil cetakan print kain tidak sebagus yang anda inginkan bisa terjadi karena mesin cetak yang digunakan. Printer yang digunakan mungkin masih edisi lama yang hanya menyediakan beberapa warna saja. Alangkah baiknya bila sebelum anda memesan kain anda melakukan pengecekan terlebih dahulu.
Lalu bagaimana sebaiknya memilih kain print yang baik? Kini anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa tips yang bisa membantu anda sebagai berikut :

Bandingkan warna 
Jika anda mendesain kain print anda sendiri ada baiknya mengecek warna pada computer apakah sudah sesuai dengan cetakan warna pada kain.  Akurasi warna di LCD terkadang bisa menipu anda sehingga cetaklah kain dalam ukuran kecil dahulu untuk memastikan hasil warna yang anda gunakan.

Teliti kainnya 
Hasil print kain tidak hanya karena masalah grafis di computer namun bisa disebabkan oleh kain yang anda gunakan. Lebih baik menggunakan kain polyester atau jenis katun yang memiliki kelebihan tahan lama dan merupakan jenis kain yang tidak mudah luntur. Anda juga bisa menggunakan kain spandek maupun organdi yang bagus bila digunakan untuk busana gaun.

Lihatlah mesin printernya 
Kemajuan teknologi juga sangat membantu dalam menciptakan mesin produksi berkualitas yang bisa mendorong usaha percetakan khususnya yang menggunakan teknik print kain. Di luar negeri usaha jenis ini sangat popular karena kain merupakan bahan yang mudah hancur dan cocok untuk isu eco green yang semakin merebak. Untuk mencetak sebuah motif maka akan digunakan mesin digital printing textile yang khusus untuk memproduksi kain print.

Cermati tinta yang digunakan
Penggunaan tinta untuk teknik print kain juga sangat berperan dalam menghasilkan kain print yang berkualitas. Jenis tinta yang digunakan dalam print kain ada yang berbasis latex ataupun tinta textile. Bila menggunakan tinta textile tentu saja warna yang dihasilkan sangat memukau dan menarik sebab lebih aman dan tersertifikasi. Tinta latex sendiri memang bisa digunakan untuk kain namun cenderung digunakan dalam media lain yang lebih lentur seperti kulit atau transign.

Jangan percaya harga
Beberapa produsen kain menawarkan harga yang murah untuk menarik pembeli agar berbelanja di toko mereka. Tentunya harga Printer yang murah tidak selalu menawarkan kualitas yang baik. Anda perlu teliti dan berbelanja cerdas untuk menilai apakah harga yang ditawarkan tidak mendorong anda membeli barang yang murahan.
Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa perkembangan teknologi membawa dampak positif untuk proses produksi. Barang yang semula hanya monoton dengan model yag itu-itu saja dapat pula disulap dengan teknik print kain menjadi barang baru degan desain yang lebih menarik. Anda bisa berkreasi untuk membuat produk baru dengan teknik ini yang tidak terbatas pada busana saja.

Banyak jasa percetakan menggunakan printing kain dikarenakan motifnya yang bisa didesain sekehendak hati anda. Desain yang sudah ada juga bisa dicetak sama persis seperti aslinya seperti motif batik yang sudah sangat langka dapat didokumentasikan dengan teknik printing kain

Terima kasih telah mengunjungi website saya.... semoga bermanfaat untuk kalian semua... untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kain printing ? silahkan saja klik disini.



1 comment:

  1. Salam kenal kak. Boleh dong untuk mengunjungi situs kami fitinline, tersedia berbagai macam jenis kain untuk segala kebutuhan bahan. Regards, fitinline

    ReplyDelete