Tuesday, January 9, 2018

Pengertian Kain Printing Crepe






jenis kain ini tidak bisa digunakan oleh mesin printing kain maupun mesin printer tekstil atau pun mesin digital printing. Kain Crepe ini dapat bisa di jadikan seperti  gamis, khimar, jilbab, dress.pengantin atau yang lain.

 Baiklah saya beri informasi sedikit mengenai mesin printing kain
Mesin printing kain atau mesin printer tekstil adalah mesin printer generasi terbaru yang dapat mencetak atau print pada bahan kain atau tekstil. mesin digital printing biasa belum memiliki kemampuan ini. khusus mesin printing kain, mesin ini dapat mencetak di bahan poliester, kanvas, satin, velvet, Hijet dan masih banyak lagi. Begitu banyak bahan yang bisa di gunakan, hingga anda dapat menghasilkan produk yang beraneka ragam, seperti, baju, celana, sepatu, tas dan masih banyak lagi kegunaan dari mesin printing kain ini.


Ada banyak merk mesin printing kain yang ada di dunia, seperti Anhui Liyu co Ltd, perusahaan ini berasal dari china, perusahaan ini termasuk dari perusahaan yang menjual produk mesin digital printing terbesar di dunia saat ini perwakilan dari asia. dan yang sudah tidak asing lagi adalah epson, kami pun menjual produk epson dan menjadi distributor resmi untuk produk mesin printing kain epson.  

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya jenis tinta printing yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam jenis kain dapat dibagi kedalam empat macam kategori, mulai dari tinta acid, tinta reactive, tinta disperse, serta tinta sublimasi.4  jenis tinta itu adalah khusus untuk printing textile tetapi untuk digital printing, tinta itu hanya beberapa saja yang dapat digunakan, mohon maaf saya tidak tahu dengan jenis tinta digital printing karena jenis tinta digital printing banyak sekali. jadi disarankan untuk klik disini untuk ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang tinta digital printing.

jenis kain ini sangat bagus dan berkualitas tetapi harga dari kain ini cukup teribilang mahal karena kain ini sangat lembut cocok sekali untuk di jadikan sebagai gamis, khimar, dress dan jilbab. dan kain ini pun tidak membuat si pemakai nya gerah, gatal melainkan membuat si pemakai nya menjadi nyaman. mungkin bagi para wanita kain ini banyak diminati. dan kain ini sangat berbeda kualitas nya dari kain kain yang lain contohnya kain shantung, kain dry fit dan kain katun ima. simak saja artikel di bawah ini lebih lengkapnya.



Crepe adalah bahan kain bertekstur yang terlihat kasar, berkerut dan juga berkeriput. Kain tersebut memiliki sifat yang lentur dan tidak kaku sehingga baik untuk digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Kata Crepe diambil dari bahasa Perancis yakni crinkle yang berarti kerut atau berkerut.


Bahan pembuatan kain crepe adalah serat-serat alami yang berukuran pendek (Staple) atau bisa juga menggunakan serat alami yang berukuran panjang (filament) yang dipintal dengan cara diputar-putar/diplintir dengan tingatan yang tinggi. Sebelum digunakan untuk rajutan atau tenunan benang tersebut harus di twist-set.
Kerutan pada kain crepe dihasilkan dengan berbagai cara, yaitu:

  1. Proses penenutan crepe yang ketat
  2. Menggunakan jenis benang yang memiliki twist yang tinggi
  3. Menggunakan bahan kimia
  4. Pola tidak beraturan yang digunaan saat menenun benang
  5. Menempelkan hiasan timbul pada kain dengan menggunakan proses pemanasan atau tekanan (embossing).

sumber


Sejarah Crepe

Tahun 1911 adalah tahun dimana crepe pertama kali muncul dimasyarakat. Awal mulanya crepe adalah kain yang sangat langka karena proses dan cara pembuatannya yang tergolong sulit ditambah dengan kerahasiaan yang disimpan oleh produsen garmen kala itu.

Serat Pembuat Kain Crepe
Berbagai macam serat yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan crepe antara lain; sutra asli yang dihasilkan dari ulat (Silk), serat sutra buatan dari bahan sintetis (Silk-like), dan juga serat katun.
Jenis-Jenis Kain Crepe

  1. Crepe de Chine Crepe de Chine memiliki bobot yang ringan dengan tekstur cenderung halus dan warna yang tidak mengkilap. Bahan kain yang digunakan untuk membuat crepe de Chine adalah sutra asli. Jenis kain ini cocok digunakan untuk membuat gaun/dress yang mewah. Para desainer dunia memfavoritkan crepe de chine sebagai bahan kain pembuat baju mereka karena crepe de chine mampu menerima dengan baik berbagai macam jenis jahitan. Salah satu kekurangan yang nampak pada jenis kain ini adalah sangat rentan terhadap pancaran sinar matahari langsung terus-menerus.
  2. Crepe Georgette Crepe Georgette adalah kain tipis yang terbuat dari bahan sutra, baik itu sutra asli maupun sutra buatan. Warnanya tidak mengkilap dan memiliki kelenturan yang sangat baik sehingga bisa dikatakan elastis. Nama Georgette diambil dari dressmaker asal Perancis yakni Georgette de la Plant. Karena jenis kain ini tipis dan terkesan transparan maka lebih mirip seperti sifon. Kain ini sangat baik jika digunakan sebagai pakaian wanita seperti dress, kemeja, rok, dan lain sebaginya.
  3. Moroccan Crepe Moroccan Crepe atau juga dikenal degan sebutan Crepe Marocain memiliki bobot yang lebih berat dengan tekstur yang terlihat seperti bergelombang ataupun bergaris tetapi lebih terlihat jelas dan tegas. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat kain marocain dadalah sutra, wol, dan rayon. Kain ini cocok digunakan untuk membuat setelah jas dan gaun wanita. Pada zaman Victorian kain ini lebih sering digunakan untuk membuat pakaian janda yang tengah berkabung dan juga sebagai kerudung untuk para biarawati.
  4. Plisse Crepe Dibuat menggunakan alat berat seperti rol ataupun bahan kimia, Plisse Crepe memiliki ketahanan yang luar biasa tanpa perlu disetrika.
  5. Wool Crepe Dikenal dengan nama crepon, kain ini terbuat dari campuran bahan sutra dan katun. Efek crepe yang berkarakter dihasilkan dari proses pemutaran pada saat menenun. Tekstur yang dimiliki wool crepe terkesan kasar menyerupai kawat. Kain ini paling sering digunakan untuk membuat lingerine karena bisa menampakkan kesan yang sensual dan mewah.





KAIN CREPE ITU APA ? DAN BAGAIMANA KARAKTERISTIKNYA ?


Kain crepe memiliki sifat yang lentur dengan tekstur yang permukaanya kelihatanya nampak berpasir atau berkerikil, kasar atau terlihat berkerut. Meski permukaanya terlihat kasar atau berkerut, namun jika dipegang teksturnya akan terasa lembut.
Permukaan kasar tersebut adalah hasil dari sebuah proses tenun. Beragam proses yang dilakukan tersebut. Bisa jadi dengan proses tenun yang ketat. Atau mengikat erat serat kain secara melingkar, sebelum sebelum proses tenun dilakukan lalau dijalankan dengan proses tenun yang acak. Dan ada juga dengan menambah bentuk-bentuk timbul tertentu atau biasa dikenal dengan proses emboss pada sebuah kain yang telah jadi menggunakan alat khusus.
Ada banyak serat kain yang bisa menghasilkan kain crepe, beberapa serat tersebut, diantaranya adalah : Serat Sutra Asli yang dihasilkan oleh ulat atau biasa dikenal dengan nama Silk. Sutra Buatan dari bahan yang bersifat sintetis atau Silk-Like. Serta serat Katun.Kain Crepe dan Varianya

Kain Crepe dan Varianya

Beberapa variasi dari jenis kain crepe adalah Crepe Georgette, Wool Crepe, Moroccan Crepe, Plisse Crepe dan Crepe de Chine. Mari kita kenali varian dari kain crepe tersebut :

Crepe Georgette
Cirinya adalah tipis, kebanyakan dibuat dari sutra. Baik itu sutra yang asli maupun sutra buatan. Tidak mengkilap yang berlebihan namun memiliki daya kelentutran yang cukup baik maka itu sangat elastis. Ciri lainya, kain ini adalah terlihata tembus pandang atau transparan. Warna-warnanya tidak mencorong atau tajam tetapi malah berkesan pudar. Jika anda kesulitan untuk mengenali crepe georgette di pasaran, mungkin akan lebih mudah jika disebutkan kain chiffon atau kain sifon. Ya, nama lain dari jenis kain ini adalah kain chiffon dan bdi Indonesia kan menjadi kain sifon. Kebanyakan kain digunakan sebagai pakaian wanita, mulai dari dress sampai blus. Juga banyak digunakan untuk bahan kerudung atau Jilbab. Contoh Penggunaan kain Chiffon pada jilbab phahasisma :

Wool Crepe
Yang ini lebih banyak dikenal dengan nama Crepon. Ciri kain wool crepe adalah kuat dan kasar serta bentuknya yang lurus. Bahan pembuatanya adalah serat sutra dan katun yang dicampur. Efek crepe muncul dari kain ini adalah berkat dari proses penenunan atas benang yang ditenun dengan cara pemutaran benang kiri dan kanan pada kain yang sama melalui tingkat kerenggangan yg berbeda-beda. Atau bisa juga dengan cara menambahkan kerapatan dalam proses pemutaran benang.Moroccan Crepe
Nama lainnya adalah Marocain Crepe. Cirinya adalah tektur kain yang berat. Kain yang ditenun mirip dengan bahan yang memiliki path atau berjalur. Bahan kain terbuat dari sutra, rayon serta wool.
Proses pembuatanya dengan cara memutar benang pada bagian weft lebih berat. Karena itu menghasilkan jenis kain yang memiliki path atau bergelombang. Jenis kain ini banyak digunakan untuk Jas Pria ajuga dress wanita.

Marocain Crepe
Plisse Crepe
Proses pembuatan kain jenis ini kebanyakan dibuat dengan menggunakan alat berat agar dapat menghasilkan pola kerut atau crepe yang baik. Dalam pembuatanya, kain yang sudah jadi diberikan bahan kimia tertentu lalu diproses dengan rol yang ditarik oleh alat berat agar dapat menghasilkan kerutan crepe. Biasanya kain pada jenis ini adalah jenis kain katun yang terbungkus lilin dengan kerutan bergaris-garis. Karena dibuat dengan proses kimia yang ditarik oleh alat berat maka kerutan crepe sangat kuat sehingga tidak bisa disetrika untuk meluruskanya kembali.Crepe de Chine
Sesuai namanya, kain ini disebut-sebut asalanya adalah dari negeri china. Bahan kain yang asli adalah dari kain sutra asli. Biasanya kain jenis ini disebut kain sutra saja. Teksturnya sangat halus dengan permukaan hasil kerutan crepe yang cenderung kusut berpasir seperti cucian yang diperas. Finishing warnanya tidak mengkilap atau bisa disebut dengan Matte Finish. Proses pembuatannya adalah memutar benang worsted pada bagian weft dan benang sutra di bagian warp. Atau hanya menggunakan benang sutra pada weft dan warp. Kebanyakan kain ini digunakan untuk gaun yang mewah, sebab bahan kainya yang mahal. Kelemahan kain jenis ini adalah cepat kusam jika berlama-lama dikenai sinar matahari dengan langsung
terima kasih telah mengunjungi website saya....untuk informasi lebih lanjut tentang printing kain silahkan langsung saja klik disini

1 comment:

  1. Sukses terus ya kak, boleh dong kak mampir juga ke situs kami fitinline disini Anda bisa belanja bahan kain crepe secara online dengan kualitas baik dan harga yang murah. Regards, fitinline

    ReplyDelete