Tuesday, January 9, 2018

Teknik Digital Printing Pada Bahan Tekstil & Kelebihanya


 Teknik Digital Printing Pada Bahan Tekstil 


Mencetak motif atau gambar pada bahan kain secara cepat dalam kurun waktu yang relatif singkat awalnya memang terkesan mustahil, namun berkat kehadiran mesin digital printing tekstil semua masalah tersebut nyatanya bisa terselesaikan dengan mudah. Dimana mesin digital printing yang banyak digunakan untuk mencetak bahan kain dalam industri tekstil sendiri pada dasarnya tersedia dalam berbagai macam tipe.

Tidak juga Mesin Printing Kain, mesin ini juga dapat mencetak bahan kain, mesin printing kain ini juga tidak kalah kualitas dalam mencetak bahan kain mesin printing kain ini diciptakan memang untuk mencetak bahan kain seperti canvas dll. Lalu beda nya dimana ? beda dari kedua mesin tersebut adalah mesin digital printing textile juga dapat bisa mencetak bahan kain tetapi dia juga bisa mengerjakan tugas lainnya seputar digital printing tetapi mesin printing kain ini diciptakan hanya untuk menyelesaikan tugasnya saja yaitu hanya seputar bahan kain karena mesin printing kain ini dapat mencetak bahan yang berbahan flexi itu menurut pengetahuan saya,,,,
Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak dapat dipungkiri mampu memberikan dampak yang cukup positif terhadap kemajuan industri tekstil. Salah satunya ditandai dengan kehadiran teknik digital printing tekstil yang dapat diterapkan untuk mencetak motif pada jenis kain tertentu seperti polyester, katun, rayon bahkan kain sutera.
Digital Printing Tekstil

Jika sebelumnya proses pencetakan kain dalam industri tekstil biasa dilakukan dengan cara screen printing atau roll printing, maka saat ini teknik pencetakan motif atau gambar pada kain sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan mesin digital printing. 
Digital Printing Tekstil

Banyak aplikasi yang bisa dibuat dengan mesin digital printing tersebut, salah satu contohnya berupa spanduk atau umbul-umbul. Bahkan beberapa tahun belakangan ini semakin banyak fashion designer yang mulai berinovasi untuk mencetak motif kain berdasarkan desain tertentu sebagai bahan pembuatan produk pakaian yang eksklusif. 
Digital Printing Tekstil

Proses printing kain yang dikerjakan menggunakan mesin digital printing jelas lebih cepat dibanding dengan cara screen printing atau roll printing. hanya perlu memiliki desain dalam bentuk file komputer, lalu dari desain tersebut akan dicetak dengan menggunakan printer khusus untuk bahan kain.
Digital Printing Tekstil
Teknologi digital printing tekstil yang diterapkan untuk mencetak motif kain sendiri pada dasarnya dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu dengan cara langsung atau dengan printing transfer paper. Dimana proses printing transfer paper ini biasanya dilakukan untuk mencetak kain pada media yang tidak memungkinkan untuk diprint secara langsung.
Digital Printing Tekstil

Namun sebelum memutuskan untuk mencetak kain dalam jumlah banyak, ada baiknya jika anda mencoba terlebih dahulu untuk mencetak satu desain ukuran A4/A3 dengan berbagai perpaduan warna. Dengan begitu anda bisa memiliki banyak contoh atau sampel motif dalam satu meter bahan kain. 
Digital Printing Tekstil

Setelah menemukan paduan warna yang pas akan lebih baik jika anda tidak berganti-ganti tempat percetakan kain, sehingga hasil cetakan kain yang dihasilkan akan tetap konsisten dari masa ke masa.

Kelebihan Digital Printing Tekstil

Dewasa ini penerapan teknologi digital printing dalam industri tekstil telah mengalami banyak perkembangan yang cukup signifikan. Dengan hadirnya mesin digital printing tentu proses pembuatan motif pada kain akan semakin mudah dan cepat. Sebab file design yang telah tersimpan dalam memori komputer bisa langsung dicetak menggunakan printer, tidak seperti proses cetak tekstil konvensional.
Kelebihan Digital Printing
Meski waktu yang dibutuhkan untuk produksi cetak kain relatif lebih pendek, tetapi kualitas gambar dan motif kain yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik. Dimana teknologi digital printing tekstil sendiri secara keseluruhan memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki sistem screen printing atau roll printing. 
Kelebihan Digital Printing
Short Run
Untuk membuat motif kain dengan mesin digital printing waktu yang dibutuhkan terbilang sangat singkat, bahkan dapat diselesaikan dalam hitungan jam. Cukup membuat desain dengan komputer kemudian langsung mencetaknya pada bahan kain. Sedangkan untuk screen printing, proses pengerjaanya terbilang sangat panjang bahkan bisa memakan waktu hingga berhari-hari.
Kelebihan Digital Printing
Low Cost
Dengan teknologi digital anda bisa membuat contoh product dengan biaya minim sebelum meminta persetujuan kepada pemberi order. Lain halnya jika anda membuat sample dengan teknologi screen printing konvensional, hampir dapat dipastikan jika biaya yang anda keluarkan untuk membuat film positif, screen, exposure time, dan mencampur tinta warna pasti lebih banyak. 
Kelebihan Digital Printing
High Quality
Karena dibuat dengan menggunakan mesin digital tentunya tampilan produk yang dihasilkan juga terlihat jauh lebih bagus. Disamping itu kemampuan cetak warnanya juga semakin beragam.
Kelebihan Digital Printing
Dengan adanya teknologi digital  bisa memesan berbagai macam produk pelengkap kebutuhan fashion dalam jumlah terbatas. Jauh berbeda dengan printing digital, sejumlah penyedia jasa screen printing konvensional biasanya akan menetapkan minimal order untuk mencetak gambar atau motif tertentu pada bahan kain.
Kelebihan Digital Printing

terima kasih telah mengunjungi website saya.... semoga bermanfaat untuk kalian semuua.. untuk mau tau informasi lebih lanjut mengenai kain printing ?silahkan klik disini. 

No comments:

Post a Comment